Akademi Komunitas Indonesia dimaksudkan untuk merangkum informasi yang berhubungan dengan Perkembangan Akademi Komunitas Indonesia dan sebagai sumber Informasi Pendidikan Umum serta Jaringan Komunikasi bagi administrator sekolah, para pendidik dan para peminat lainnya.


News / Reference Pendidikan
 
Empat Kriteria Lokasi Pendirian Akademi Komunitas
By admin
08/27/2012 Send to a friend Print Version
Empat Kriteria Lokasi Pendirian Akademi Komunitas
Penulis : Indra Akuntono

Jakarta - Mulai tahun ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan akan merintis pendirian 20 akademi komunitas (AK) di berbagai daerah terpilih. Pemasangan tiang pancang pertama akan dilakukan di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur pada 9 September 2012. Lokasi pendirian AK dipilih berdasarkan parameter yang telah ditetapkan.

Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh, ada empat parameter yang menjadi pertimbangan. Pertama, wilayah dengan populasi penduduk yang tingg. Tujuannya untuk menghindari terjadinya pertumbuhan pengangguran muda. “Jika pemuda-pemuda memiliki keterampilan, maka mereka akan memiliki pekerjaan. Namun jika mereka nganggur, itu akan sangat berbahaya,” katanya di ruang kerjanya, Jakarta Senin (27/08).

Kedua, AK akan dibangun di kantong-kantong penyedia tenaga kerja yang biasanya mencari pekerjaan di luar negeri (TKI). Setiap warga negara yang bekerja di luar negeri merupakan diplomat dan cermin sebuah bangsa. “Kalau mereka bagus, nama bangsa kita bagus juga,” katanya. Dengan AK ini diharapkan akan meningkatkan kualitas, daya jual dan daya saing mereka.

Ketiga, di wilayah-wilayah yang sumber daya alamnya belum dikelola dengan baik. Misalnya di daerah pesisir dan perbatasan. Dan yang keempat, pendirian AK akan diintegrasikan dengan kebutuhan Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI).

Masyarakat yang telah lulus dari AK bisa ikut berperan dalam mengelola sumber daya alamnya. Jadi sumber daya tersebut tidak hanya dikelola oleh pendatang, tapi bisa untuk kesejahteraan masyarakat setempat. “Sembari mendidik, mereka juga mempersiapkan tenaga kerjanya,” kata Menteri Nuh.

Adapun 20 lokasi tempat pembangunan akademi komunitas tersebut adalah: Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Tanah Datar, Kabupaten Rejang Lebong, Kabupaten Muko-muko, Kota Prabumulih, Kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Ponorogo, Kota Blitar, Kabupaten Pacitan, Kabupaten Temanggung, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Situbondo, Kabupaten Sidoarjo, Kabupaten Nganjuk, Kabupaten Bojonegoro, Kabupaten Sumbawa, Kabupaten Kolaka, Kota Mataram, Kabupaten Tuban, Kabupaten Kerom. (AR)


Sumber: KemDikNas
Berita Lengkap: http://www.kemdiknas.go.id/kemdikbud/berita/600
 
More Reference Pendidikan News
. Segera Revisi Konsep RSBI
. Prestasi Non-akademik Kurang Dihargai
. Kemdikbud Akui RSBI Ciptakan Kasta
. Seluruh RSBI Belum Layak Jadi SBI
. Apa Pun Kondisinya, Rehabilitasi Sekolah Harus Selesai!
. Guru: Menyongsong 2012 Tanpa Gairah
. Group Work at University Park Campus School
. Daya Serap Lulusan SMK Masih Rendah
. Fenomena Bunuh Diri Pelajar
. Sekolah Roboh

Marine Engineering?

Situs Engineer Maritim

Peneliti Ilmu Marine?


Belajar Penerbangan?

Pendidikan Penerbangan

Air Traffic Control?

ATC Jakarta

Mekanik Pesawat?


Industri Perairan?


Industri Tourism?


Keterampilan Gratis?

Keterampilan Yang Menarik Yang Berpusat Pelajar

Hobi Menjadi Bisnis?

Hobi Menjadi Bisnis

Membuka Telecenter?


Membuka Warnet?


Masuk Dunia Pers?

Dunia Pers Indonesia

Karir Perempuan?


Bisnis dan Pendidikan?


Situs-Situs Lain Kami

Sains.TV
TV Pendidikan
Mad Scientist
Pojok SiswaPojok Guru

Pendidikan Luar Negeri


Enter University

E-MajalaH Online

E-MajalaH Online

Chat dan Saran Anda